ESSAY

Writer / NIM
SRI MARIYANTI TOLULU / 221415087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK SRI MARIYANTI TOLULU. 2019. ..."Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Melalui Model VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIID SMP Negeri 1 Kabila. Skripsi. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran VAK dikelas VIID SMP Negeri 1 Kabila. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi kegiatan guru, observasi kegiatan siswa dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil analisis menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni: Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIID SMP Negeri 1 Kabila. Kata Kunci : Mengemukakan Pendapat, Model Pembelajaran VAK, Mata Pelajaran PPKn.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011