ESSAY

Writer / NIM
HERTIN DJOU / 221415110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK HertinDjou, NIM : 221415110, Judul Skripsi "Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Biau Kab. Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau Kab. Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik analisisdata yang digunakan adalah dengan cara reduksi, display dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan pertama, peran kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau, kepala sekolah sebagai supervisior bertujuan membina guru disetiap kegiatan belajar mengajar ataupun kegiatan organisasi. Kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah terus memberikan motivasi kepada guru agar mereka dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik bias bersinergi. Kepala sekolah sebagai innovator harus menjalani hubungan yang harmonis dengan lingkungan, memberikan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan. Kedua, faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau yaitu: kurangnya melakukan Bimtek, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya program pendamping, kurangnya pembekalan lanjutan dan kurangnya melakukan MGMP. Semua kegiatan yang diadakan oleh pemerintah tidak dapat terealisasikan dengan baik, sehingganya masih banyak guru yang kurang memahami kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Biau ini masih kurang, dikarenakan masih banyak guru-guru yang mengeluh dan kurang memahami kurikulum 2013. Serta banyak program yang disediakan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 tidak berjalan dengan baik dan hanya guru tertentu yang ikut dalam pelatihan. Sehingganya program pelatihan ini tidak merata keseluruh guru. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Pemahaman, Kurikulum 2013
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011