ESSAY

Writer / NIM
REGA SUKMA JULIANI / 221417044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
ABSTRAK Rega Sukma Juliani. NIM 221417044, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi 2022 Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Di bawah bimbingan : Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku pembimbing satu dan Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si selaku pembimbing dua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 6 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2021/2022. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 15 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas IX sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri di peroleh dari Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 26,7% dan pada siklus 2 sebesar 93,3%. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pembelajaran PPKn.
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011