ESSAY

Writer / NIM
ABDULRAHMAN THALIB / 221418018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
Abdulrahman Thalib Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah COVID-19 yang melanda dunia diakhir 2019 hingga saat ini akhir 2020, pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa di liburkan beberapa waktu namun siswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa bulan ini guru-guru harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para peserta didik tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di SMP N 6 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo .Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran PPKn kelas VII dan 2 orang peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran PPKn Kelas VII kurang efektif. 2) peserta didik yang hadir dalam pembelajaran daring lebih sedikit dari yang diharapkan.3) Kelebihan pembelajaran daring dalam pembelajaran PPKn kelas VII adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih kepercayaan diri siswa. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah guru tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, serta tidak stabilnya jaringan internet. 4) peran aktif peserta didik, baik dari segi keaktifan, pemasukan tugas, serta partisipasi dalam pembelajaran ternilai kurang. Kata kunci : Efektivitas, proses pembelajaran daring, partisipasi peserta didik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011