ESSAY

Writer / NIM
ALVIN A. BAYANU / 221418019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Alvin A Bayanu 2022. NIM 221418019 Skripsi “Perilaku Generasi Muda Dalam Prespektif Bela Negara” (Studi Perilaku Generasi Muda Di Desa Parungi, Kec. Boliyohuto, Kab. Gorontalo). Dosen Pembimbing (I) : Roni Lukum, S.Pd, M.Sc, Pembimbing (II) : Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menuliskan tentang studi perilaku generasi muda terhadap pandangan bela negara. Karena perilaku generasi muda dalam bela negara saat ini mencerminkan arah langkah demi masa depan generasi muda yang lebih baik ke depannya untuk dapat di wujudkan dalam ruang lingkup sosial masyarakat. Metode yang di gunakan dalam penilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode studi kasus. Bodgan dan Tailor, (Moelong 2007) menjelaskan bahwa penelitian yang menggunakan metode kualitatif menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana perilaku generasi muda dalam prespektif bela negara guna meningkatkan wawasan kebangsaan dengan 4 aspek berikut, yaitu : Pengetahuan/ Pemahaman mengenai Nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Konstitusi dan NKRI serta Sikap/Partisipasi generasi muda terhadap semangat persatuan dan kesatuan, dan menjaga ketertiban dan keamanan di ruang lingkup sosial masyarakat. Serta dapat merumuskan rekomendasi yang sesuai untuk meningkatkan sikap nasionalis dan mengembangkan wawasan kebangsaan terhadap generasi muda saat ini di Desa Parungi, Kec. Boliyohuto, Kab. Gorontalo. Kata kunci : Perilaku Generasi Muda Dalam Prespektif Bela Negara (Studi Perilaku Generasi Muda Di Desa Parungi, Kec.Boliyohuto, Kab.Gorontalo).
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011