ESSAY

Writer / NIM
WA ODE MULI / 221418051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Wa Ode Muli 2023 “Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Limboto Barat”. Skripsi, Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr.Hj Zulaecha Ngiu, M.Pd (Pembimbing I) dan Ibu Asmun W Wantu, S.Pd.,M.Sc (Pembimbing II). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Guru PKn dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk memperoleh informasi langsung dari guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pandemic covid-19 Pertama, peran guru sebagai fasilitator, kedua, guru sebagai demonstator, ketiga, guru sebagai supervisor, keempat, guru sebagai evaluator, kelima, guru sebagai motivator. Minat belajar siswa cenderung baik dalam proses pembelajaran dikelas dengan mata pelajaran PKn. 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa terdapat dalam diri siswa itu sendiri, dukungan dari orang tua, dan lingkungan sekitar. Kata Kunci: Peran Guru PKn, Minat Belajar, Pasca Pandemi Covid-19
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011