ESSAY

Writer / NIM
SRI ELISIA SANDI PAKAYA / 221418073
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Sri Elisia Sandi Pakaya, 2022. Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa Melalui Metode Branstroming Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas VIII Di Smp Negeri 10 Gorontalo. Skripsi, gorontalo : program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan, fakultas ilmu sosial, universitas negeri gorontalo. Dibimbing Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M,pd, selaku pembimbing I dan ibu Asmun W. Wantu, s.pd, M.sc selaku pembimbing II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 1 siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan,dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dikelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 pertemuan pertama mengalami peningkatan dari sangat aktif 1 orang (3,3%), aktif 2 orang(6,6%), kurang aktif 16 orang (53,33%), tidak aktif 10 orang (33,3%). pada pertemun kedua mengalami peningkatan dari 30 sisiwa yang sanagat aktif 1 (3,3%), aktif 12 orang (40%) kurang aktif 12 orang (40%) tidak aktif 5 (16,66%). Kemudia meningkat lagi pada pertemuan ketiga sangat aktif 4 orang (13,33%), aktif 24 orang (80%), kurang aktif 2 orang (6,66%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode branistorming pada mata pembelajarn PPKn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo. Kata Kunci : Metode pembelajaran branstroming, aktifitas belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011