ESSAY

Writer / NIM
NUSAIRI KAMADI / 231406013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Nusairi Kamadi. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Se-Kota Gorontalo (Suatu Penelitian di SMA Negeri 4 Gorontalo dan SMA Negeri 3 Gorontalo)”. Skripsi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-kota Gorontalo dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA se-kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan orientasi fenomenologis mengenai seluruh kegiatan-kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang ada pada minat belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar tersebut pada mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek wawancara sebagai sumber data dipilih 10 siswa masing-masing 5 siswa SMA Negeri 3 Gorontalo dan 5 siswa SMA 4 Gorontalo. Selain itu, dipilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data dan mengetahui masalah secara mendalam. Proses analisis data secara kualitatif di mulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yang terkait meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) secara umum, siswa SMA di kota Gorontalo memiliki minat belajar mata pelajaran sejarah dan secara khusus, siswa SMA Negeri 3 Gorontalo memiliki minat yang lebih tinggi dibandingkan siswa SMA Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran sejarah. (2) Faktor eksternal memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dibandingkan dengan faktor internal. Faktor eksternal yang memberikan pengaruh tinggi adalah cara mengajar guru dan sarana prasarana belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011