ESSAY

Writer / NIM
ABDUL KADIR SAGULIA / 231408005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
ABTSRAK ABDUL KADIR SAGULIA. Nim. 231408005. 2012. Karakterisitik Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Drs. Surya Kobi, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Sutrisno Mohamad, S.Pd. M.Pd. selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik aktivitas belajar pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo dan untuk mengetahui besar pengaruh karakteristik aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gorontalo. Sampel penelitian ini berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan korelasional yang bertujuan untuk melihat gambaran secara umum mengenai pengaruh karakteristik aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yang meliputi (1) aktivitas visual, (2) aktivitas lisan, (3) aktivitas mendengarkan, (4) aktivitas menulis, dan (5) aktivitas membaca. Sedangkan variabel terikat (Y), yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket yang diberikan berisi 25 butir pertanyaan sedangkan tes hasil belajar berisi 28 butir soal. Untuk mengetahui jawaban pertanyaan penelitian digunakan analisis korelasional yang hasilnya adalah aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 80,83 atau 80,83% dan dikategorikan tinggi sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan skor rata-rata 73,24 atau 73,24% dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji -t diperoleh harga thitung = 18,24 dan tdaftar = 1,68. Dengan kata lain, thitung ? tdaftar. Dari hasil pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik aktivitas belajar signifikan pada penyebabnya cukup tingginya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011