ESSAY

Writer / NIM
AMRIN KADIR / 231408011
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstract

ABSTRAKAmrin Kadir. 2013.Komparasi Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share dengan Konvensional pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Marisa (Studi Perbandingan Nilai IPS).Model pembelajaran tipe Think-Pair-Share merupakan salah satu dari berbagai tipe pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Model pembelajaran ini bercorak kerjasama. Makna ‘kerjasama’ dalam konteks pembelajaran kooperatif menurut Hasan (dalam Solihatin dan Raharjo, 2008: 4) mengandung pengertian bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa pada kelas IPS yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional di SMA Negeri 1 Marisa. Sampel penelitian ini menggunakan 2 (dua) kelas yang diambil secara random, yaitu XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan  kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 orang  sebagai kelas pembanding atau kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental melalui desain pre-tes dan post-tes. Data penelitian diperoleh melalui tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 butir. Hipotesis hipotesis penelitian yang berbunyi “terdapat perbedaan nilai hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share dan kelas yang diajarkan dengan model konvensional”. Penggujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa harga t = 6,36 dan db = 67, sedangkan harga t kritik pada ts0,05 = 1,67. Dengan kata lain: 6,36  ≥  1,67. Ini berarti bahwa harga t0 signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen yang dilakukan mempunyai pengaruh terhadap kelompok ekperimen.Kata Kunci: model pembelajaran, Think-Pair-Share, ceramah.

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011