Writer / NIM
						HASIM PAPUTUNGAN / 231408019
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
						Advisor 2 / NIDN
						Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
						Abstract
						ABSTRAK
Hasim Paputungan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 1 Lolak. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. dan pembimbing II     Drs. Hi. Darwin Une, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah penerapan model pembelajaran picture puzzle  berpengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Lolak ?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture puzzle  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Lolak.
Desain penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 14.16 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2.09. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa menolak H0 dan menerima H1 atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran picture puzzle terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lolak 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa (a) Model pembelajaran picture puzzle dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah  pada peserta didik kelas XI SMA Negeri I Lolak. (b) Pada saat dilaksanakan tes awal atau pre test hasil belajar mata pelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri I Lolak masih rendah yakni 6 orang (25%) dan setelah digunakan metode picture puzzle hasil belajar peserta didik meningkat saat dilakukan tes akhir atau post test yakni menjadi 24 orang peserta didik (100%). (c) ari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa nilai thitung sebesar 14.16 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2.09. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture puzzle terhadap hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lolak.  
Kata Kunci: Picture Puzzle, Hasil Belajar, Sejarah
						Download files