ESSAY

Writer / NIM
WA SAONA / 231408046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Wa Saona, Nim 231 408 046: “Hubungan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo“ Skripsi, Gorontalo, Jurusan Sejarah program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalahan tentang hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 2 gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Gorontalo. Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI pada sekolah SMA Negeri 2 kota Gorontalo yang berjumlah 174 orang. Dan di ambil sampel secara rendom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk regresi korelasi, instrumen pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal objektif untuk variabel kemampuan kognitif dan nilai rapor siswa untuk variabel prestasi belajar. Data – data yang di peroleh selanjutnya di olah namun sebelum data di olah, terlebih dahulu di lakukan uji normalitas data dan koefisien korelasi. Sesuai dengan hasil analisis dan pembahasannya,hipotesis yang berbunyi “ terdapat hubungan kemampuan kognitif siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah “.Di nyatakan di terima dan teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan di mana di peroleh harga thitung = 4,107 sedangkan dari daftar tersebut di peroleh tdaftar = 2,02 sehingga thitung lebih besar dari tdaftar atau harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, Sehingga dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011