ESSAY

Writer / NIM
HARNO KANTALA / 231409105
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
ABSTRAK Harno Kantala, 2016. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Balantak". Skripsi, Progran Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing: I. Ibu Dra. Hj Resmiyati Yunus, M.Pd, dan Pembimbing II Bapak Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Balantak, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Balantak. Adapun Metode yang digunakan bersifat kualitatif, yaitu "Riset kualitatif memusatkan pada diskripstif,. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: (1). Proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Balantak yakni: (1) Kurikulum: Penguasaan dan pemahaman terhadap kurikulum masih sangat kurang. (2) Materi : Penguasaan materi oleh guru mata pelajaran sejarah sudah sangat baik, hal ini terbukti pada saat guru sejarah menyampaikan materi pelajaran dari awal sampai dengan akhir itu secara mendetail lengkap dengan contoh-contoh yang sesuai dengan materi yang diajarkan. (3) Strategi pembelajaran : Penguasaan strategi pembelajaran oleh guru mata pelajaran sejarah masih sangat kurang, hal ini terbukti dengan masih kurangnya cara-cara yang dipilih oleh guru sejarah untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, pada akhirnya tujuan pembelajaran tidak secara maksimal dapat dikuasai oleh peserta didikdiakhir kegiatan pelajaran. Cara yang digunakan oleh guru sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran masih bersifat konvensional, yakni proses pembelajaran masih terpusat pada guru. (4) Metode : Metode pembelajaran oleh guru mata pelajaran sejarah masih sangat kurang, penguasaan metode pembelajaran yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran masih lebih banyak menggunakan metode ceramah, walaupun pada kenyataanya di silabus dan RPP tercantum banyak metode seperti : diskusi jigsaw, pendekatan model ICT dan life skill, dan diskusi. (5) Media : Media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah masih sangat kurang, hal ini terbukti pada saat guru menyampaikan materi pelajaran sejarah masih lebih banyak menggunakan media papan tulis dan kadang-kadang menggunakan media powerpoint. (6) Sumber : Sumber pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah masih sangat kurang. Sumber belajar yang lebih banyak yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah dan peserta didikadalah buku teks dan internet, (7) Evaluasi : Evaluasi yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah pada saat terakhir pemberian materi lebih banyak memberikan evaluasi berupa tes tertulis dan kuis (2). Ada beberapa hal yang mempengaruhi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Balantak, antaralain adalah (1) fasilitas buku sumber sekolah yang masih kurang, (2) alokasi waktu yang masih kurang, (3), jam pelajaran dijadwalkan pada jam-jam terakhir. (4) Fasilitas media pembelajaran dalam keadaan tidak baik. Kata Kunci: Sekolah, Guru, Pembelajaran Sejarah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011