ESSAY

Writer / NIM
RESTI MOKODOMPIT / 231410008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Resti Mokodompit, Nim. 231 410 008. 2014. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Kotabunan. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse. M.Pd, dan pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas mengajar guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kotabunan, dan apakah kreativitas mengajar guru bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 kotabunan yang berjumlah 164 orang, dan yang menjadi sampel pada penelitian adalah sebanayak 30% dari jumlah populasi yang ada yaitu 49 orang siswa. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kreatifitas mengajar guru dan motivasi belajar siswa. yaitu semakin tinggi tingkat kreatifitas mengajar guru maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa". Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ini, maka kreatifitas mengajar guru selalu mengindikasikan adanya efek positif untuk motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal ini didukung oleh koefisien determinasi (r^2) sebesar 0,67. ini berarti bahwa 67% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dijelaskan oleh variasi kreatifitas mengajar guru (X) melalui persamaan regresi Y =-7,003+ 1,225X. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011