ESSAY

Writer / NIM
WARDANIATI MANULAWAN / 231410024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Wardaniati Manulawan, Nim 231410024. Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Di SMP Negeri 3 Bakida). Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing 1. Hj.Dra, Resmiyati Yunus, M.Pd, pembimbing 2. Hj.Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian tindakan kelas ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus,tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kualitas belajar siswa melalui model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas VII B Di SMP Negeri 3 Bakida. Dan tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kualitaitif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Akan tetapi penulis tetap menggunakan sumber " sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya dalam penelitian ini. Selain mewawancarai guru yang utama pengajar, penulis juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Dalam NHT, guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi dan memecahkan masalahnya dengan sendiri, tetapi tidak luput dari pantauan seoang guru. Namun setelah penelitian dilakukan dengan 3 siklus, peneliti mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Dalam per-siklus tersebut pembelajaran siswa perlahan " lahan mulai Nampak perubahannya, puncaknya yaitu saat dilakukan refleksi pada siklus 3. Pada siklus ini perubahan dalam pembelajaran lebih Nampak lagi, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model NHT dalam pembelajaran sangat efektif untuk merangsang proses pembelajaran siswa. Namun tidak menutup kemungkinan model pembelajaran lainnya tidak bisa digunakan. Semua model pembelajaran dapatdigunakan, tinggal cara dan efektivitas seorang guru yang dituntut. Kata Kunci : Mode Pembelajaran, NHT (Numbered Heads Together).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011