Writer / NIM
						MARWAN AHMAD / 231410027
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
						Advisor 2 / NIDN
						Drs. SURYA KOBI, M.Pd / 0022065705
						Abstract
						ABSTRAK
Marwan Ahmad. NIM.231 410 027. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. (Suatu Penelitian di SMA  Negeri 1 Tolangohula T.P. 2013/2014). Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Trisnowati Tuahunse, M.Pd., (2) Drs. Surya Kobi, M.Pd.
	Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi person. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA II SMA Negeri 1 Tolangohula Tahun Pelajaran 2013-2014 sebanyak 30 orang yang tersebar pada 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate random sampling sebanyak 20% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi person. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Berdasarkan hasil temuan, bahwa terdapat hubungan yang positif antara hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, atas dasar inilah maka disarankan kepada tenaga pendidik, hendaknya memberikan kesadaran sekaligus memotivasi peserta didik (siswa) tentang pentingnya status sosial ekonomi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah. Untuk para peneliti yang hendak mengadakan penelitian lebih lanjut tentang status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kiranya dapat meneliti pengaruh motivasi serta kesadaran atau faktor-faktor lain timbulnya status ekonomi orang tua pada siswa atau peserta didik.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar Siswa
						Download files