Writer / NIM
						HASNAWI TANAIO / 231410106
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
						Advisor 2 / NIDN
						SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
						Abstract
						ABSTRAK
Hasnawi Tanaio, 2014 "Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 8 SATU ATAP Tolangohula" Skripsi Program Studi SI Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo Bimbingan ibu Dra. Hj.Resmiyati Yunus,M.Pd dan Bapak Sutrisno. Mohamad, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama,  Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu  Atap Tolangohula dan kedua, Faktor-Faktor yang mempengaruhi proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula. Berdasarkan tujuan Penelitian maka bentuk Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskkriptif. Tujuannya untuk memberikan suatu gambaran secara rinci, penuh makna dan mendalam tentang masalah yang berhubungan dengan Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula. Penelitian ini memiliki jenis Studi Kasus Tunggal, karena memiliki karakteristik permasalahan yang sama. Lebih lanjut Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu dengan Teknik Observasi, Wawancara dan mencatat Arsip dan Dokumen sedangkan untuk data-data sekunder berupa literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. 
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; pertama, Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 8 Satu Atap Tolangohula sudah sesuai dengan konsep IPS terpadu. Sebelum Proses Pembelajaran IPS Terpadu di SMPN  8 Satu Atap Tolangohula di laksanakan  segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di sediakan agar berjalan dengan baik sesuai apa yang di harapkan.  Proses Pembelajaran IPS Terpadu ada beberapa Tahapan yang akan di lalui, mempersiapkan materi yang sesuai dengan indikator pembelajaran yang tercermin dalam RPP, dengan Tahapan model  pelaksanaan dengan melakukan kegiatan awal pembelajaran, selanjutnya  kegiatan inti pembelajaran  hingga kegiatan akhir pembelajaran (penutup). Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran IPS Terpadu di antaranya kurangnya tenaga guru, terbatasnya sarana dan prasarana disekolah, kurangnya sumber atau buku cetak pelajaran IPS Terpadu, dan  kurangnya penerapan  metode dan model pembelajaran.
Kata kunci : Pembelajaran IPS Terpadu
						Download files