Writer / NIM
						SINORITA BUKANI / 231410110
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
						Advisor 2 / NIDN
						YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
						Abstract
						ABSTRAK
Sinorita Bukani 231 410 110, 2010. "Penerapan Model Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran IPS", "Suatu Penelitian di SMP Negeri 9 Paguyaman Kabupaten Boalemo" (di bawah bimbingan Dra.Hj.Trisnowaty Tuahunse M.pd dan Hj.Yusni Pakaya S.pd M.pd), Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 
	Penelitian ini difokuskan pada pendalaman untuk menggali informasi, pemilihan fokus penelitian ini menggunakan sistematika penulisan kualitatif yang analisis dan ilmiah. Pendekatan kualitatif berguna untuk menggambarkan suatu kondisi dalam pembelajaran di kelas.
	Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, faktor-faktor apakah yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips. Tujuan penelitian untuk mengetahui, penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, faktor-faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips. 
	Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis yang bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang berdasarkan pada kenyataan lapangan dan apa yang dialami informan. 
	Sesuai dengan hasil penelitian dan sumber data yang didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, memang model pembelajaran debat ini sudah diterapkan akan tetapi masih terdapat sebagian siswa yang belum paham dengan materi ips dengan meggunakan model pembelajaran debat sebab model pembelajaran ini kurang digunakan ataupun diterapkan, faktor-faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips adalah dimana guru kurang menggunakan metode debat dan lebih terfokus pada satu metode belajar saja, kurangnya tenaga pengajar, minimya ruangan, minimnya buku pelajaran khususnya mata pelajaran IPS, belum tersedianya perpustakaan, serta minimnya sarana dan prasarana yang di sekolah itu sendiri sebab sekolah menengah pertama tersebut masih dalam satu atap dengan sekolah dasar  yang ada dilokasi itu sendiri.
	
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran IPS
						Download files