ESSAY

Writer / NIM
WA ODE HASNI / 231411004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
Abstrak Wa ode hasni. Nim 231 411 004. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperative learning dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran kooperative learning dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dikelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bonedengan menggunakan metode kooperative learning.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI dengan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa. Dengan desain penelitian yang digunakan yaitu post test atau tes tertulis. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa tes. Berdasarkan hasil pengamaatan belajar mengajar dari siklus 1 dan siklus 2 dengan 10 aspek penilian. Siklus 1 menunjukan bahwa jumlah siswa yang tuntas memperoleh nilai diatas 60 soal nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 masing-masing 64%, 82%, 25%, 85%, 96%, 85%, 53%, dan 92%. Jadi, yang belum mengalami ketuntasan hasil belajar siswa terdapat pada soal nomor 1, 3, dan 7. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas memperoleh nilai 75 untuk nomor soal 1, 2, dan 3 dengan masing masing 100%, 89%, 82% dan 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kunci jawaban: hasil belajar siswa, cooperative learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011