ESSAY

Writer / NIM
LUTFIAH PAKAYA / 231411026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Lutfiah Pakaya, 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X ips 1 di sma Negeri 1 Marisa melalui penerapan model pembelajaran tipe Think pair share (TPS). Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Trisnowati Tuahunse, M.pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.pd M.pd. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Marisa. pada pembelajaran topik Kehidupan Manusia Praaksara di Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir siklus untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 25,01%, yaitu dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa, yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,43%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa, yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96,43%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-IPS 1 SMA Negeri 1 Marisa. Kata Kunci : Hasil belajar Siswa, model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011