ESSAY

Writer / NIM
RIKO MAGA / 231411060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Riko Maga, 2015 upaya meninkatkan hasil belajar IPS sejarah dengan melalui penerapan metode pembelajaran problem selving di SMP 5 tolinggula sejarah ( Suatu penelitian tindakan kelas di SMP 5 tolinggula).'' Skripsi jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan HJ. Yusni Pakaya, S. Pd, M. Pd Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII ( tuju ) SMP Tolinggula Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 31 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk memotivasi siswa pada materi kerajan bercorak agama hindubudha di Indonesia, dan (b) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Masuk dan kerajan bercorak agama hindu-budha diIndonesia. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 90.3% pada materi kerajan bercorak agama hindu-budha di Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Demikian hipotesis upaya meninkatkan hasil belajar dengan menerapan metode problem solving yang dipadukan dengan cerama berpariasi Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran problem solving
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011