ESSAY

Writer / NIM
HARIS LIBUNELO / 231411078
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Haris Libunelo, 2016 Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII A Smp N 1 Suwawa "(suatu penelitian tindakan kelas di smp negeri 1 suwawa)'' Skripsi jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Hj. Yusni Pakaya, S. Pd, M. Pd Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII A ( delapan ) SMP Suwawa Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peristiwa sekitar proklamasi dan pembentukan negara kesatuan republik indonesia. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II, dan III. Demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 37.30%, siklus II sebesar 65.95% dan siklus III 89.60% pada materi Peristiwa sekitar proklamasi dan pembentukan negara kesatuan republik indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw. Demikian hipotesis Implementasi Metode Jigsaw Dalam Meninkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Metode Jigsaw yang dipadukan dengan cerama berpariasi Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011