ESSAY

Writer / NIM
PIPIN POLUMBATO / 231412013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstract
ABSTRAK Polumbato, Pipin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Masa Klasik dan Hindu Budha Melalui Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) di Kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Drs. Darwin Une., M.Pd, Pembimbing (II) Dra. Hj. Resmiyati Yunus., M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menerapkan model Pembelajaran Pembelajaran Langsung (direct instruction) di kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Hasil pengamatan guru pada siklus I mencapai nilai 59,68, siklus II mencapai nilai 77,42, dan siklus III mencapai nilai 95,16. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 95,16. Hasil lembar pengamatan siswa pada siklus I mencapai nilai 38,00, siklus II mencapai nilai 64,00, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67. Hasil tes belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 43,33, siklus II mencapai nilai 79,67, dan siklus III mencapai nilai 92,67. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pada siklus I dan II belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni 80, sedangkan pada siklus III telah mencapai keberhasilan yaitu 92,67. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Langsung (direct instruction).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011