ESSAY

Writer / NIM
L. M. JAFARUDIN / 231412015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK L M. Jafarudin. 2016. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran Number Head Together(NHT) di SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Yusni Pakaya. M.Pd dan Pembimbing II Drs.H. Darwin Une. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X5 IPS di SMA Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2015/2016. Model yang digunakan adalah model deskripsi Kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan skala Likert, Lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran number head together (NHT) Motivasi Belajar Siswa meningkat dari siklus pertama sebesar 40% dan meningkat menjadi 76.667% pada siklus ke dua Pengamatan Aktivitas Siswa meningkat dari 55,55% pada siklus pertama menjadi 88.88% pada siklus ke dua . Aktifitas Guru meningkat dari 63,15% pada siklus pertama menjadi 84,2% pada siklus ke dua keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari 70% pada siklus pertama menjadi 90% pada siklus ke dua. Hasil belajar siswa pada siklus 1 terdapat 60% dari jumlah siswa yang meliki nilai diatas 75, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 80%. Berdasarkan penjelasan hal ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan meodel Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran Sejarah pada topik Pengaruh agama dan kebudaayaan Hindu-Budha di Indonesia di kelas X IPS 5 SMA N 3 Kota Gorontalo, maka motivasi belajar siswa akan meningkat" telah teruji dengan benar dan dapat diterimah. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Akstifitas Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011