ESSAY

Writer / NIM
NINDI PRASETTIA DINGKU / 231412030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. JONI APRIYANTO, M.Hum / 0001046805
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
ABSTRAK NindiPrasettiaDingku.231412030,UpayaMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranSejarahMelalui Model Think Pair ShareKelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo.JurusanPendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1,Drs.Joni Apriyanto.,M.Hum dan Pembimbing 2, Sutrisno Mohamad., S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitianini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran think pair sharedi kelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui model pembelajaran think pair sharedi kelas X IPS1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Data penelitian ini diperoleh dari lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah di paparkan sebelumnya, maka simpulan dari penelitian ini dengan kriteria penilaian sangat baik(SB),baik(B),cukup(C),dan kurang(K). Siklus I : jumlah siswa 32 oranglaki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB) 8 orang atau 25%, baik(B) 16 orang atau 50%, cukup(C) 5 orang atau 16%, kurang(K) 3 orang atau 9%. Siklus II : jumlah siswa 32 orang laki-laki 11 orang dan perempuan 21 orang. Yang mencapai kriteria sangat baik(SB)24 orang atau 75%, baik(B) 8 orang atau 25%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran think pair sharedapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas X Ips1 SMA 2 Gorontalo. Kata Kunci:HasilBelajar, model Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011