ESSAY

Writer / NIM
ALPIAN SADAPU / 231412034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Alpian Sadapu. 231412034, 2012. Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, M.Pd Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual di SMP Negeri 1 Suwawa, mulai dari hambatan yang dialami oleh guru sampai interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu : informan atau narasumber yaitu siswa, Kepala Sekolah dan Guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Suwawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengembangan validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pemeriksaan dan review informan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, analisi data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah melalui pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi keterlibatan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar, serta belajar yang mumpuni pada pembelajaran sejarah. Disamping itu, adanya penerapan pembelajaran kontekstual akan menjadikan peserta didik merasa dihargai dan diberi kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan motivasi dan belajar peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Kontekstual.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011