ESSAY

Writer / NIM
ISRAN KARIM ENTENGO / 231412035
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Isran Karim Entengo, Nim. 231412035. 2017. Pembelajaran Sejarah Berbasis Teka-teki Silang di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd dan Pembimbing II. Ibu Yusni Pakaya S.pd M.pd Rumusan masalah penelitian ini yaitu pertama bagaimana penerapan pembelajaran sejarah berbasis teka-teki silang di SMA Negeri 1 Tilamuta. Kedua, kendala-kendala apa saja yang di hadapi guru pada saat menggunakan media teka-teki silang di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitan ini bertujuan untuk Pertama, mengembangkan pembelajaran berbasis teka-teki silang pada mata pelajaran sejarah. Kedua, mengetahui tingkat kelayakan pembelajaran teka-teki silang sebagai pendukung mata pelajaran sejarah. Penelitan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu suatu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan membuat suatu rekonstruksi social selanjutnya menggambarkan secara sistematis objek penelitian dalam hal pembelajaran sejarah berbasis teka-teki silang di SMA Negeri 1 Tilamuta. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa: pembelajaran menggunakan teka-teki silang ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Terlihat siswa begitu antusias mengikuti proses pembelajaran sejarah. Dibandingkan dengan tidak menggunakan media siswa cenderung malas untuk mengikuti pelajaran dapat dilihat dengan sering keluar masuknya siswa pada saat belajar dan pembelajaran berlangsung. Langkah-langkah mengaplikasikan teka-teki silang sebagai media pembelajaran yaitu pertama-tama mendemonstrasikan permainan tersebut, pengajar membuat teka-teki silang sesuai bahan yang akan di ajarkan. Cara pengajar menyiapkan bahan yang akan diajarkan, setelah bahan dipersiapkan guru membuat sebuah pertanyaan dan jawaban yang singkat saja. Kemudian guru membuat ruang-ruang kosong atau kotak-kotak untuk mengisi huruf-huruf yang sesuai yang terdiri dari ruang mendatar dan menurun. Semua siswa harus mengerjakannya kemudian diberi batas waktu 30 menit. Setelah waktu menjawab selesai pekerjaan ditukar dengan teman beda bangku untuk diperiksa dan hasilnya disampaikan oleh pengajar. Kendala yang dihadapi saat membuat teka-teki silang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pada saat penerapan media teka-teki silang dikelas biasanya siswa ribut. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Berbasis Teka-teki silang,
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011