ESSAY

Writer / NIM
MAHALIA BOINAUW / 231412065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK MAHALIA BOINAUW. NIM. 231 412 065. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo 2016.."Telah dibimbing oleh Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd. (Pembimbing 1) dan Yusni Pakaya, S.Pd. M.Pd.(Pembimbing 2). Tujuan dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dimana siswa yang dikenai tindakan berjumlah 23 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kualitatif sebagai salah satu sumber untuk menyusun Skripsi. Diantaranya mencerminkan kelebihan dan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada mata pelajaran sejarah di kelas X MIPA 1 SMA NEGERI 3 GORONTALO. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tekhnik dokumentasi, lembar observasi pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data di analisis berdasarkan rumus PTK 2016 yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo dapat meningkatkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) ini berlangsung dalam 2 siklus, yakni pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh sebanyak 39 % yang tuntas dan siklus II lebih meningkat sebanyak 82% yang tuntas belajar atau mendapatkan nilai A, hal ini suda dikatakan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai target yang di inginkan. Berdasarkan hal tersebut hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa"dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada mata pelajaran sejarah dikelas X SMA Negeri 3 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa". Kata Kunci : Penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray, Hasil belajar siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011