ESSAY

Writer / NIM
RISKIYANTO POTABUGA / 231412070
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Abstract
ABSTRACK RISKIYANTO POTABUGA, 2016. Nim 231412070 " Metode Pemberian Tugas Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku Pembimbing II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah melalui Metode Pemberian Tugas dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada kelas XI-IPS 1 SMA negeri 1 Bolaang ? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk, dengan subjek Penelitian adalah siswa kelas XI-IPS 1 yang berjumlah 23 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil Penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dimana observasi awal siswa yang berjumlah 23 orang semua siswa memang telah memperoleh nilai ketuntasan, akan tetapi dari ketuntasan 10 orang siswa hanya memperoleh nilai standar yaitu 70 dan 13 orang siswa lainnya memperoleh nilai 85. Saat pembelajaran menggunakan Metode Pemberian Tugas, prestasi belajar siswa masih belum ada peningkatan, dimana presentase ketuntasan nilai siswa hanya mencapai 43,47%. Tetapi pada pembelajaran siklus II presentase ketuntasan nilai siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 100%. Demikian pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diterima. Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa dan Metode Pemberian Tugas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011