ESSAY

Writer / NIM
SRI FATMAHWATI K. AYUBA / 231412079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstract
ABSTRAK Sri Fatmawati K. Ayuba, NIM 231412079. Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Gorontalo. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I oleh Bapak Darwin Une. M.Pd dan Pembimbing II oleh Bapak H. Lukman D. Katili. S.Ag, M.Th.I Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum mengenai hasil belajar siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA I Gorontalo. Yang menguraikan penerapan metode Inquiry dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMA Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo" Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini didasarkan pada metode penelitian tindakan kelas, yang berusaha menjabarkan secara jelas masalah yang diteliti, mencatat, menganalisis, serta menginterprestasikan kondisi-kondisi yang ada di ruangan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan metode inkuiri pada proses pembelajaran dikelas XI Pada SMA Negeri I Gorontalo. Dengan metode ini siswa mengambil inisiatif atau prakarsa dalam menentukan sesuatu. Siswa aktif menggunakan cara belajar mereka sendiri, dengan demikian mereka diharapkan mempunyai keberanian untuk mengajukan pertanyaan, merespon masalah, dan berpikir untuk memecahkan masalah atau menemukan jawabannya melalui penyelidikan. Siswa bebas melakukan eksplorasi dan diberi kesempatan untuk melakukan pemilihan alternatif pemecahannya. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Inquiry
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011