ESSAY

Writer / NIM
SRI RAHAYU GULIMAT / 231413034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstract
ABSTRAK SRI RAHAYU GULIMAT. 231 413 034. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak H. Lukman D. Katili, S.Ag., M.Th.I selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sebagai koreksi dan perbaikan dalam penerapan metode tersebut. Metode penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.penelitian ini berlangsung selama II siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas Xf SMA Negeri 1 Kotamobagu. Pengambilan data dari penelitian ini melalui observasi, instrument, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I motivasi belajar siswa hanya mencapai 60,74%, pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,10% sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,36% penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah mencapai indikator keberhasilan. Pelaksanaan metode Sosiodrama dalam pembelajaran sejarah pada siklus I dan siklus II berjalan dengan baik dan lancar para siswa terlihat antusias dan senang terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode Sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas Xf di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran Sejarah, Metode Sosiodrama
Download files

ARCHIVES

2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011