ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD FAJAR TULOLI / 231414012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
Mohammad Fajar Tuloli 2021. Penerapan Model Inquiri Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Tibawa. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Sutrisno Mohamad, S.pd., Mpd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran selama ini di SMA Negeri 1 Tibawa dan mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Inquri Based Learning di SMA Negeri 1 Tibawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan (field research), pada penelitian menggunakan data Primer dan data Sekunder dengan cara menggunkan teknik snowball sampling untuk memperoleh informasi data dalam penelitian ini. Analisis data pada penelitian deskriptif kualitatif ini adalah menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Inquiri Based Learning penting juga diterapkan dalam pembelajaran sejarah terutama sejarah Indonesia. Karena dapat melatih siswa berfikir kritis dengan cara menemukan dan merumuskan permasalan dalam pembelajaran sejarah sedangkan guru hanya menjadi fasilitator dalam kelas, dan pada rancangan model pembelajaran Inquiri Based Learning dibuat dalam bentuk rancangan pembelajran atau RPP di mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci : Inquri Based Learning, Pembelajaran Sejarah, Berfikir Kritis dan SMA 1 Tibawa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011