ESSAY

Writer / NIM
FAUZIAH TOBUHU / 231414013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
Fauziah Tobuhu. 231414013, 2014.Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Scientific Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Tilamuta .Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Yusni Pakaya, M.Pd Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 melalui pendekatan saintifik di Madrasah Aliyah Negeri Tilamuta.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan guru menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru mata pelajaran sejarah madrasah Aliyah Negeri Tilamuta.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: mengamati, menanya, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran sejarah. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011