ESSAY

Writer / NIM
MAHYUDIONO HULALANGO / 231414045
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstract
ABSTRAK Mahyudiono Hulalango, 231414045. Upaya Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Ix Smp Negeri 3 Bolangitang Barat. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Tonny Iskandar Mondong, S.S, MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Pertama, prestasi belajar sejarah siswa sebelum penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD), dan kedua prestasi belajar sejarah siswa setelah penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe (STAD) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi , dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 3 Bolangitang Barat, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar sejarah siswa melalui model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD). Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan presentase. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD), dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa meningkatkan baik dari segi nilai KKM maupun dari nilai rata-rata. Dari segi KKM sekolah dengan nilai 75, pada keadaan awal 14 siswa atau 44%, meningkatkan pada siklus I menjadi 27 siswa atau 81% dan pada siklus II meningkatkan menjadi 30 siswa atau 94%. Dari segi nilai rata-rata prestasi belajar sejarah siswa yaitu keadaan awal 73,94%, meningkat pada siklus I menjadi 78,75 atau 4,81%, pada siklus II meningkat 89,56 atau 10,88%. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Students Teams Achievement Divisions (STAD)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011