ESSAY

Writer / NIM
RUGAYA MAMONTO / 231414046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
ABSTRAK Rugaya Mamonto. NIM. 231414046. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Group Investigation (GI) Di SMP Negeri 1 Nuangan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Drs.Hi.Darwin Une.M.pd, Pembimbing (11) Hj.Yusni Pakaya.M.pd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu peneliti akan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Selama ini ketika guru melaksanakan proses belajar mengajar dikelas hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa-siswi banyak mengalami kesulitan dan merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran terjadinya interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kalitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Akan tetapi, peneliti tetap menggunakan sumber-sumber sekunder dan wawancara sebagai bahan untuk memperkaya penelitian ini. Selain mewawancarai guru tetap yang mengajar, peneliti juga melakukan wawancara dengan siswa yang dipilih secara acak ketika melakukan penelitian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V111A SMP Negeri 1 Nuangan Tahun 2018. Siswa yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V111A di SMP Negeri 1 Nuangan? Kata Kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation (GI), Motivasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011