ESSAY

Writer / NIM
SRIWIDITA MOKOGINTA / 231414050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
LUKMAN DADI KATILI, S.Ag, M.Th.I / 0005077211
Abstract
ABSTRAK Sriwidita Mokoginta. NIM. 231414050. Penerapan Model Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotamobagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dra. Resmiyati Yunus, M.pd, Pembimbing (II) Lukman Dadi Katili, S.Ag, M.Th.I. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran sejarah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotamobagu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lebih mengutamakan data-data kalitatif sebagai sumber untuk menyusun skripsi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIA1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kotambagu Tahun ajaran 2018/1019. Siswa yang berjumalah 33 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tekhnik lembar observasi pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Contextual Teaching Laerning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kotamobagu? Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kotamobagu dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada setiap dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa dan selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K), penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yakni pada siklus I keaktifan belajar siswa diperoleh sebanyak 62.72% dan hasil belajar siswa diperoleh sebanyak 57,5% yang tuntas. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebanyak 95,45%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 69,7 % kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menajdi 98,75 %. Hal ini sudah dikatakan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai target yang di inginkan, bahkan sudah melampaui target dari peneliti Berdasarkan hal tersebut hipotesis tindakan menyatakan bahwa dengan menerapkan model Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran sejarah dikelas X MAN 1 Kotamobagu dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa serta hasil yang belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Keaktifan Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011