Writer / NIM
						HERMANTO TULUKI / 231415037
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
						Advisor 1 / NIDN
						Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
						Advisor 2 / NIDN
						YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
						Abstract
						ABSTRAK
Hermanto Tuluki, NIM 231415037, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Teka-teki Silang di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan  Hj, Dra. Resmiyati Yunus M.Pd, sebagai Pembiming I dan Hj. Yusni Pakaya ,S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II. 
Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan memiliki tujuan untuk melihat keberhasilan suatu model pembelajaran dengan menggunakan model Teka-teki Silang di SMAN 1 Paguyaman Pantai, tahun pelajaran 2019/2020 pada materi  kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Pada setiap siklus siswa diberikan tes pada akhir untuk mengukur kemampuan minat belajar siswa. 
Berdasarkan hasil penelitian menjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran dari siklus I siswa yang  mempeoleh ketuntuasan belajar ada 11 siswa atau 66%, dan siklus II yang memperoleh ketuntasan belajar siswa ada 23 siswa  atau 96% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran teka-teki silang minat belajar siswa tentang materi Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, kelas XI IPS1 SMAN 1 Paguyaman Pantai meningkat
. 
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Teka-teki Silang
						Download files