ESSAY

Writer / NIM
OLPIN RADJIKU / 231415041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
Olpin Radjiku. NIM 231415085, Judul SkripsiMeningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra.H Resmiyati Yunus, M.Pd, sebagai pembiming I dan Sutrisno Mohammad,S.Pd,M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa PadaMata Pelajaran Sejarah dengan menggunakan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok di SMAN 3 Kota Gorontalo. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan hasilpenelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran siklus I dari sejumlah 30 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 16 siswa atau 54% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 28 siswa atau 93% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok, hasil belajar siswa tentang sifat pendudukan Jepang dan respons bangsa Indonesia di klas XI IPS1 SMA Negeri 3 Kota Gorontalo Meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Investigasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011