ESSAY

Writer / NIM
UTEN PAKAYA / 231415047
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
ABSTRAK Uten Pakaya. NIM 231415047, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Role Play di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Limboto. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Drs. Darwin Une, M.Pd, sebagai pembimbing I dan Sutrisno Mohammad, M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Play. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan uraian di atas maka pembelajaran siklus I dari sejumlah 25 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 40% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 23 siswa atau 92%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran role play, hasil belajar siswa tentang keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi di klas VIII1 SMP Negeri 2 Limboto. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Role Play
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011