ESSAY

Writer / NIM
ABDUL WAHIT H. TARIKI / 231415085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
ABSTRAK Abdul Wahid Tariki. NIM 231415085, Judul Skripsi Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Sinetik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tolangohula. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, sebagai pembiming I dan Sutrisno Mohammad, M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinetik. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan uraian di atas maka pada pembelajaran siklus I dari sejumlah 24 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 41% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 22 siswa atau 91%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran sinetik, hasil belajar siswa dengan materi tentang Tokoh-tokoh Nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPS1 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tolangohula Meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Sinetik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011