ESSAY

Writer / NIM
FERNANDA DJIBU / 231416020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstract
ABSTRAK FERNANDA DJIBU. 231416020. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi. Skripsi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata Pelajaran IPS terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi. Untuk penerapannya guru menyampaikan tujun pembelajaran dan motivasi pada siswa, menyampaiakn aktivitas pembelajaran memberikan materi, membimbing kelompok kerja dan yang terakhir evaluasi. Penelitian ini diharapakan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti. Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi yang terdaftar. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan adalah 80% dari jumlah siswa. Berdsarkan KKM yang ditetapkan 75, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasial sebesar 60% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan peneliti di dalam kelas pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation menunjukan bahwa VII MTs Al-khairaat Dulupi kemampuan peneliti dalam melaksnakan proses pembelajaran mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VII MTs Al-Khairaat Dulupi. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Group investigation, Mata Pelajaran IPS Terpadu
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011