ESSAY

Writer / NIM
HANLY MAMONTO / 231416068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Deskripsi kualitatif adalah menggambarkan objek social dalam penelitian. Selain itu penelitian kualitatif telah menentukan permasalahan yang masih remang-remang, bahkan gelap. Oleh karena itu masalah dalam penelitian kualitatif masih bersifat sementara, tentative dan akan berkembang atau berganti setelah peneliti berada dilapangan. Pengambilan data dalam penelitian kualitatif dilakukan dengan cara observasi mandalam, wawancara dengan ahli dan dokumentasi atau mencari dokumen-dokumen penting sebagai langkah untuk mencari data. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam penerapannya, sebelum kurikulum 2013, di SMA Negeri 1 Tilamuta telah memberlakukan beberapa kali kurikulum sesuai dengan anjuran pemerintah. Hingga hari ini setelah kurikulum berbasi kompetensi, kurikulum 2013 telah digunakan. Walaupun dalam pelaksanaanya penerapan kurikulum 2013 tidak selalu mendapat jalan mulus, selalu saja mendapat tantangan, baik dari siswa itu sendiri maupun dari guru yang menjalankan program kurikulum ini. Begitu juga dengan kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan pelajaran sejarah. Kenyataannya bahwa kurikulum sejarah hanya sedikit mengalami perubahan-perubahan.secara kontekstual proses penerapan kurikulum sejarah sudah sesuai dengan perjalanan kurikulum sejarah dari masa ke masa. Kata Kunci: SMA Negeri 1 Kabila, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011