ESSAY

Writer / NIM
ZULKIFLI PATUTI / 231417019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstract
ABSTRAK Zulkifli Patuti, Nim 231417019, Judul Skripsi Studi Komparasi Antara Pembelajaran Daring dan Luring pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, Pembimbing 2. Helman Manay, S.Pd., M.Hum Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Pertama, Proses pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo pada masa pandemi covid-19. Kedua, Persepsi guru dan siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo terhadap proses pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana sumber data yang digunakan berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah interaktif dimana dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, Proses pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo pada masa pandemi covid-19 berjalan kurang baik. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran daring mengalami kendala berupa laptop, gawai, hingga jaringan internet yang tidak semua siswa memilikinya. Dalam pembelajaran luring pada masa pandemi covid-19 pun berjalan kurang baik. Hal ini disebabkan kondisi yang tidak memungkinkan dengan alasan kesehatan, terutama saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua, Persepsi guru dan siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo terhadap proses pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran sejarah berpendapat bahwa terjadi perbedaan antara pembelajaran yang bersifat daring dan luring. Hal ini dikarenakan pelaksanaa pembelajaran luring membuat guru dan siswa lebih memiliki interaksi yang produktif karena bertatapan langsung. Sedangkan pada pembelajaran daring dengan pola komunikasi yang tidak bertatapan langsung memberikan interaksi yang kurang produktif. Kata Kunci : Studi Komparasi, Daring dan Luring
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011