ESSAY

Writer / NIM
ISMAIL BULA / 231417020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstract
ABSTRAK Ismail Bula. NIM 231417020. SKRIPSI. "Pembelajaran Sejarah dengan Model Visual Auditory Kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I bapak Drs. H. Darwin Une, M.Pd. Pembimbing II bapak Tonny Iskandar Mondong, SS.,MA. Tujuan Penelitian ini, yaitu untuk mengetahui; Pertama, Perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model visual auditory kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan model visual auditory kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo. Ketiga, Evaluasi pembelajaran sejarah dengan model visual auditory kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan analisis data dan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu informan atau narasumber yang di wawancarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama, Perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model visual auditory kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo dibarengi dengan perencanaan yang matang, ditunjang dengan penggunaan metode dan media sebagai sarana dalam penggunaan model visual auditory kinestetik. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan model visual auditory kinestetik di SMA Negeri 1 Gorontalo selalu berpatokan pada gaya belajar peserta didik secara visual, auditori dan kinestetik. Ketiga, proses evaluasi pembelajaran dengan model visual auditory kinestetik menjadi sarana penilaian terhadap pencapaian peserta didik serta indikator penilaian terhadap kesuksesan model yang digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Visual Auditory Kinestetik, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Gorontalo
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011