ESSAY

Writer / NIM
NUR SHIYAM ABUDI / 231417038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstract
Nur Shiyam Abudi. 231417038. Judul skripsi Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Memanfaatkan Media Film Animasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Tahun Pelajaran 2020/2021 Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawa bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku pembimbing I, dan Bapak Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan memanfaatkan media film animasi pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Tetapi sebelum siklus satu masih dilakukan pra siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 9 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media film animasi dapat meningkat minat belajar siswa pada siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo. Dilihat dari hasil pra siklus yang tuntas KKM hanya 1 siswa (8,33%) dan 11 siswa (91,67%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 10 siswa (83,33%) yang tuntas dan terdapat 2 siswa (16,67%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut maka penelitian tindakan kelas ini dihentikan pada siklus I karena telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 83% dari jumlah seluruh siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Minat Belajar, Media Film Animasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011