ESSAY

Writer / NIM
YAYUNDA N. AHMAD / 231417059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Advisor 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstract
ABSTRAK Yayunda N. Ahmad, 231417059, 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Darwin Une, M.Pd. dan Pembimbing II Helman Manay, S.Pd.,M Hum. Permsalahan utama penelitian ini terkait dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Khususnya materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui implementasi penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Maka hasil belajar siswa akan meningkat. Siswa dikenai tindakan adalah 25 Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 5 Gorontalo, tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa setelah metode diskusi diterapkan menunjukan adanya peningkatan hasil pembelajaran dari siklus 1 dari sejumlah 25 orang siswa. Siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar ada 17 siswa atau 68% dan siklus II yang memperoleh ketuntasan hasil belajar siswa ada 24 siswa atau 96%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi hasil belajar siswa tentang materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan di Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo. Kata kunci : Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011