ESSAY

Writer / NIM
SINTIA LACOMPO / 231418037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstract
Sintia Lacompo. 2022. Kampus Mengajar Perintis Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab. Tojo Una-Una. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd., selaku pembimbing I, dan Bapak Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; Pertama, Penerapan Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab.Tojo Una-Una. Kedua, Keefektifan Pembelajaran Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota, Kab. Tojo Una-Una. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana sumber data yang digunakan berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, Penerpan Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota. Kab. Tojo Una- Una bisa meningkatkan banyak perubahan yang ada contohnya, dengan adanya mahasiswa yang di utus langsung dari kampus untuk mengikuti program kampus mengajar perintis sehingga mahasiswa banyak memberikan perubahan yang ada di sekolah bisa dilihat dengan peserta didik yang mulai aktif datang kesekolah untuk belajar. mahasiswa yang aktif turut membantu guru-guru yang tida sempat masuk, dan mahasiswa KMP turut mengambil waktu untuk memberikan pelajaran. Kedua, Keefektifan Pembelajaran Kampus Mengajar Perintis di SD Negeri 17 Ampana, Kec. Ampana Kota. Kab. Tojo Una-Una berjalan dengan baik selama peserta KMP mengikuti program ini, bahkan guru merasa terbantu dengan adanya mahasiswa dan tida merasa terbebani sama sekali bahkan peserta didik merasa lebih nyaman belajar dan mengambil waktu untuk belajar diperpustakan. Peserta KMP lebih sering memotivasi siswa untuk terus belajar bahkan memberikan kreativitas-kreativitas untuk siswa, mahasiswa KMP terlibat aktif dalam kelas sehingga menimbulkan perubahan pada siswa dari siswa yang malas masuk, akan tetapi mahasiswa KMP datang dirumahnya siswa dengan ijin orang tua siswa, agar siswa tersebut bisa diajak kesekolah, dan siswa yang belum lancar membaca mahasiswa KMP buatkan jadwal untuk belajar sore di rumah dan juga kadang mereka sering di ajak belajar di perpustakaan pada saat jam istirahat. Kata Kunci : Penerapan Kampus Mengajar Perintis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011