ESSAY

Writer / NIM
DINDA KUNSI / 231418051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
HELMAN MANAY, S.Pd, M.Hum / 0030038704
Abstract
ABSTRAK Dinda Kunsi. 2022. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Bahan Belajar Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd., selaku pembimbing I, dan Bapak Helman Manay, S.Pd, M.Hum., selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan cerita rakyat sebagai bahan belajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamubagu, dan manfaat cerita rakyat untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamubagu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan suatu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfatan cerita rakyat sangat penting untuk bahan belajar mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Kotamobagu, karena dengan pemanfaatan cerita rakyat dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang diberikan sehinga dapat juga membangun minat serta motivasi siswa dalam belajar sejarah, dengan memanfaatkan cerita rakyat yang ada di daerah salah satunya cerita rakyat Bolaang Mongondow yang spesifiknya pada cerita rakyat Tadohe. Untuk bagaimana kedepannya cerita rakyat dapat dimanfaatkan untuk membangun minat siswa dalam belajar sejarah, guru menyiasati dengan cara menyelipkan cerita rakyat saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Meskipun cerita rakyat belum ada dalam kurikulum akan tetapi setiap dilaksanakan MGMP beberapa guru menyarankan untuk memanfaatkan cerita rakyat dalalam proses belajar. Sehingganya cerita rakyat telah dicantumkan dalam silabus dan RPP yang berkaitan dengan tradisi lisan yang ada di daerah. Meskipun demikian kendala tersebut bukanlah suatu penghalang, melainkan telah ditemukan solusi agar tujuan dari proses pembelajaran sejarah dengan pemanfaatan cerita rakyat di SMA Negeri 2 Kotamobagu tetap tercapai sebagaimana yang diharapkan. Kata Kunci : Cerita Rakyat, Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 2 Kotamobagu.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011