ESSAY

Writer / NIM
FELINA DATUMULA / 231418088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Advisor 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Advisor 2 / NIDN
TONNY ISKANDAR MONDONG, S.S, M.A / 0002027011
Abstract
Abstrak Felina Datumula. Nim 231418088. Judul Skripsi Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Dulupi. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj Resmiyati Yunus. Pembimbing II Bapak Tony Iskandar Mondong SS. MA. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui; Pertama efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi. Kedua faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan analisis data dan deskritif. Sumber data yang digunakan yaitu informan atau narasumber yang di wawancarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi belum sepenuhnya efektif dikarenakan banyak hambatan serta kekurangan seperti halnya pada masalah jaringan. Karena setiap siswa tidak semuanya tinggal di wilayah yang bagus jaringannya. Kedua faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dulupi faktor penghambat dalam pembelajaran daring yaitu peserta didik kurang aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran daring, peserta didik tidak memiliki perangkat handpone/gadget yang digunakan sebagai media pembelajaran daring, sejumlah peserta didik tinggal di wilayah yang tidak memiliki akses internet dan kuota internet, pesrta didik merasa malas dan bosan. Jika ada faktor pendukung seperti handpone, pulsa, kuota, dan jaringan internet yang stabil dan baik, pembelajaran online juga dapat dilakukan. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011