ESSAY

Writer / NIM
SULASMIN HUDJI / 271411125
Study Program
S1 - ILMU HUKUM
Advisor 1 / NIDN
Dr. FENCE M WANTU, SH., MH / 0019017404
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL H. TOMU, SH., MH / 0017067706
Abstract
ABSTRAK Sulasmin Hudji, 271 411 125, Analisis Putusan Hakim Terhadap Kasus Asusila Pada Anak, (Studi Kasus Pengadilan Negeri Gorontalo dengan putusan perkara nomor 226/pid.b/2011/PN.grtlo dan putusan perkara nomor 11/pid.b/2013/PN.grtlo). (Dibimbing Oleh Dr Fence M. Wantu SH.,MH Selaku pembimbing I Dan Ismail Tomu SH.,MH Selaku Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis putusan hakim terhadap kasus asusila pada anak dalam putusan perkara nomor 226/pid.b/2011/PN.grtlo dan putusan perkara nomor 11/pid.b/2013/PN.grtlo. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif. Pendekatan hukum normatif ini dimaksudkan untuk mencakup tentang penelitian terhadap asas-asas hukum, penelitian terhadap sistematika hukum serta penelitian terhadap sinkronisasi hukum. Adapun yang didapatkan dari penelitian ini. Pertama, dalam perkara ini Undang-Undang yang diterapkan adalah UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak pasal 81 ayat 1 (satu) dan 2 (dua). Hal ini disebabkan karena terdakwa melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya, maka Undang-Undang khusus perlindungan anak yang mengaturnya. Kedua, dalam menjatuhkan hukuman terdapat pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan, yaitu pertimbangan hakim yang dapat memberatkan dan pertimbangan hakim yang dapat meringankan. Hal-hal yang memberatkan terdakwa, yaitu perbuatan terdakwa telah merusak masa depan saksi korban, perbuatan terdakwa tidak sepantasnya dilakukan terhadap anak dibawah umur, terdakwa adalah seorang guru yang seharusnya menjadi tauladan yang baik dan hal-hal yang meringankan terdakwa, yaitu terdakwa belum pernah dihukum, dan terdakwa memiliki tanggungan keluarga. Kata Kunci : asusila, kekerasan, memaksa, dan melakukan persetubuhan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011